Selasa, 09 Oktober 2012

Pengenalan Internet


PENGENALAN
INTERNET DAN EMAIL

A.    SEJARAH INTERNET

Secara teknis, Internet atau International Networking merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan computer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Internet pada awalnya adalah sebuah jaringan computer rancangan militer Amerika Serikat (AS) untuk memantapkan kinerja sistem komunikasinya dalam menghadapi kekuatan musuh. Hal ini berlangsung ketika terjadi perang dingin dengan Uni Soviet. Pertimbangannya adalah jika salah satu pusat system komunikasi berhasil dihancurkan, maka pihak militer ingin memastikan bahwa lokasi-lokasi yang masih mampu dipertahankan diri harus dapat selalu saling berkomunikasi. Karena jaringan yang asli adalah rancangan Advanced Research Projects Agency dari militer AS maka internet disebut juga ARPAnet. Namun pada generasi selanjutnya internet lebih dikembangkan ke arah pendidikan, penelitian, komersial dan bidang-bidang lain yang diprakarsai oleh National Research and Education Network (NREN) di tahun 1991.
Kemudian pada tahun-tahun sesudahnya internet menjadi sangat populer dan meluas yang dapat meliputi seluruh aspek kehidupan dengan begitu banyak macam manfaat dan akses yang tak terbatas. Pada tahapan ini ruang, jarak dan waktu tidak dapat membatasi lagi untuk akses informasi global.
Beberapa fungsi yang bisa dijalankan melalui internet dapat dibagi menjadi beberapa macam antara lain :

1. Internet Mail
Internet mail adalah pengiriman surat atau dokumen dengan melalui internet. Dokumen ini dapat berupa pesan text, maupun file (gambar atau html). Internet mail adalah servis pertama yang dikembangkan dari pemanfaatan internet. Salah satu software yang dapat digunakan untuk pengiriman mail adalah Microsoft--Outlook Express.
Ada banyak manfaat pelayanan yang disediakan oleh internet mail. Salah satu diantaranya adalah akses informasi/berita dan dengan topik tertentu yang diinginkan, misalnya tentang olah raga, politik, bursa efek dan lain sebagainya. Dengan cara men-subscribe alamat mail dalam suatu mail server palayanan berita, maka secara otomatis kotak pos (mail box) akan dikenal oleh mail server sehingga kemudian juga oleh server bisa dikirim berita jika terjadi hal-hal yang perlu disampaikan.
Manfaat selanjutnya dari internet mail adalah mailing list (sebuah bentuk grup diskusi dengan memanfaatkan e-mail). Kita dapat ikut dalam satu atau lebih mailing list dengan menempatkan alamat mail kita ke dalam suatu list server. Jika salah seorang peserta mailing list mengirim mail ke mail server, maka secara otomatis mail tersebut akan dikirim ke semua peserta mailing list yang terdaftar.

2. Use Net Discussion Groups
Seperti juga mailing list, UseNet digunakan untuk berkomunikasi dengan sesame pemakai internet. UseNet tidak menggunakan sistem mail (tidak harus punya alamat mail), namun menggunakan sebuah server NNTP yang dapat menangani pengguna di seluruh dunia. Ketika mengirim pesan ke server, maka secara otomatis dan secara langsung pesan tersebut akan ditampilkan dan dibaca oleh semua pengguna server (peserta diskusi), sehingga dapat dijadikan bahan diskusi.




3. File Transfer Protocol (FTP)
FTP adalah digunakan untuk mentransfer file dari computer satu ke komputer lain dalam internet. Client adalah computer tempat pengguna internet dan server adalah komputer tempat data yang ditransfer. Dalam FTP, jika ingin mengambil atau menaruh file dari dan ke suatu alamat host, maka pertama harus ditentukan dulu direktori komputer host, baru kemudian men-download atau men-upload file yang akan ditransfer.

4. Chatting dan Conferencing
Chatting, internet mail dan UseNet sebenarnya hampir sama, yaitu menggunakan sebuah server sebagai sarana penyambung komunikasi. Letak perbedaannya adalah pada batas pengiriman data. Jika chatting dilakukan per penekanan tombol enter, maka UseNet dan internet mail akan dikirim jika telah dilakukan penekanan tombol kirim. Sekarang sistem komunikasi ini telah berkembang dengan pemanfaatan multimedia sehingga dapat melibatkan suara dan gambar sekaligus dalam internet conferencing. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini pertama harus tersedia software Microsoft Conferencing  dan perangkat multimedia seperti camera, microphone, dan sound card.

5. World Wide Web (WWW)
Web sering dinamakan WWW, Web, atau W3. Web sering disebut dokumen hypermedia karena dapat menggabungkan berbagai tipe file dari text, gambar, animasi dan dokumen. Semua jenis file ini digabung menjadi satu, yang kemudian disajikan ke pengguna internet berupa home page (halaman web). Berbagai kelebihan web atau internet pada umumnya antara lain:

Web mempunyai kelebihan dalam hal keterbatasan ruang dan waktu, mekanisme pengiriman, bentuk laporan dan lain-lainnya. Contoh misalnya jika kita ingin mengirimkan  surat (misal bentuk laporan) ke luar negeri. Untuk membuatnya kita harus menyediakan kertas dan alat tulis, kemudian setelah disusun kita harus pergi ke kantor pos dahulu untuk kemudian membayar dengan biaya yang tidak sedikit, lalu baru bisa dikirimkan oleh petugasnya.

Dengan fasilitas internet, mungkin kita hanya membutuhkan perangkat komputer yang ada di rumah kita dan dapat mengetik surat saat itu juga, kemudian dengan fasilitas e-mail, kita dapat mengirimkannya ke alamat yang kita tuju yang tentunya juga menyediakan fasilitas komunikasi seperti komputer, handphone, pager, atau faksimile seperti yang sekarang sudah banyak dikembangkah oleh para provider.

Sistem komunikasi web bersifat dinamis, artinya web tidak terpaku pada satu macam cara dan bentuk yang sudah tetap, melainkan dapat diubah terus-menerus. Sistem
komunikasi yang lain umumnya praktis telah menggunakan proses yang umumnya tidak sebentar untuk penciptaan dan pengiriman informasinya.

B.      MANFAAT  INTERNET
Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain. Untuk spesipiknya manfaat internet dimaksud antara lain adalah :
1.      Sebagai  gudang informasi
2.      Sebagai media bisnis atau berbelanja online seperti :



3. Mebagai media tercepat mengakses berita-berita terkini
4. Mebagai media perpustakaan
5. Pendidikan

C.    CARA MENDAPATKAN INTERNET
Untuk mendapatkan akses internet yang paling mudah adalah dengan menghubungi penyedia jasa fasilitas internet (Internet Service Provider). Provider akan menjelaskan konfigurasi yang dibutuhkan untuk memasang fasilitas internet. Namun jika sudah terdapat jaringan komputer misalnya LAN (Local Area Network) yang sudah terhubung dengan internet, maka secara otomatis akan dapat mengakses internet.
Akses internet juga dapat melalui server proxy, dimana setiap komputer akan memiliki alamat IP (Internet Protocol) sendirisendiri. Keuntungan akses melalui jaringan ini adalah pengaturan atau pengontrolan antara pengguna komputer diatur oleh server proxy. Jika akan menggunakan Internet dengan Windows 2000, maka peralatan-peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Komputer dengan prosessor Pentium 166 (minimal). Lebih tinggi lebih baik – lebih rendah dari Pentium 166 maka proses akan sangat lambat.
RAM 32 MB dan Hard Disk 3,2 GB, lebih tinggi lebih baik.
Modem dengan kecepatan minimal 28,800 bps (bits per second), lebih tinggi lebih baik, misalnya 56 Kbps (5600 bps).
Memiliki saluran telepon.
Modem dan telepon inilah yang berfungsi untuk saluran ke dunia luar.
Menginstall program Internet Explorer (Browser) ke dalam komputer Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan program Internet Explorer, program ini tidak perlu di-install ke dalam Windows komputer Anda, Sebab Internet Explorer sudah ter-install otomatis ketika Anda menginstall Windows 2000 atau Windows 98.
Selanjutnya mendaftarkan diri (berlangganan) ke ISP (perusahaan penyedia jasa Internet) yang ada dikota Anda misalnya : RADNET, INDONET, MEGANET atau yang lain.
Atau langsung menggunakan Internet tanpa mendaftarakan diri, yaitu menggunakan Telkomnet Instan.
Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Internet.

D.    PENGOPERASIAN BROWSER
1.       Pengoperasian Browser
Untuk dapat membuka file web, maka dibutuhkan web browser. Ada beberapa macam web browser yang sudah dipasarkan beberapa vendor. Antara lain adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera dan lainlain. Sistem kerjanya hampir sama, hanya saja penempatan menu dan beberpa fungsinya agak berbeda. Oleh karena itu dalam pembahasan menjelaskan salah satu,  yaitu Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

           
           Gambar 1 : Tampilan Browser Mozilla Firefox

           Gambar 2 : Tampilan Browser Internet Explorer

Untuk menjalankan Internet Explorer kita dapat:
1.      Mencari dalam start menu taskbar Windows dengan menekan tombol start.
2.      Kemudian cari dan click taskbar Internet Explorer dan tunggu hingga program Internet Explorer terbuka.
3.      Berbagai macam cara yang lain dapat dilakukan untuk membuka web antara lain :
1)      Jika kita telah menginstal Internet Explorer, dalam start menu akan ditampilkan favorite yang berisi alamat-alamat web favorit kita. Dengan meng-click taskbar yang kita tuju, otomatis akan langsung membuka Internet Explorer dan alamat yang dituju;
2)      Dalam desktop kita juga bisa menampilkan menu Internet Explorer dan cukup dengan mengklick icon Internet Explorer yang tampak di layar. Untuk membuka Internet Explorer dari komputer kita, lakukan Klik terhadap Icon Internet Explorer seperti tampak dalam Gambar 3

Gambar 3:  Icon Internet Explorer

Kemudian akan terbuka program Internet Explorer seperti yang tampak dalam Gambar di atas, gambar-gambar tersebut terdapat tombol-tombol yang digunakan untuk navigasi penggunaan Internet Explorer pada saat kita berinternet. Di sini akan dijelaskan beberapa tombol– tombol yang secara umum sering dipakai oleh para pemakai internet.




 
                                                                                   
Rectangular Callout: Tombol historyRectangular Callout: Tombol homeRectangular Callout: Tombol refreshRectangular Callout: Tombol ForwardRectangular Callout: Tombol Back
Gambar 4:  Tampilan Internet Explorer

Penggunaan Tombol Interner Explorer
Back                            :  Perintah Untuk kembali kehalaman Web Sebelumnya
Forward                      :  Kembali ke halaman Web yang baru saja dikunjungi
Stop                            : Menghentikan atau membatalkan proses yang sedang dilakukan oleh  
                                      browser
Refresh                        : Menampilkan kembali halaman web yang sudah dipanggil ke layar
Home                          : Kembali ke Homepage (halaman web yang dibuka ketika anda  
                                       pertama kali membuka Internet
Explorer Search           : Mencari Web atau data tertentu dalam internet
Favorites           : Menyimpan halaman web yang kita inginkan atau yang sering kita  kunjungi, sehingga kita dapat membuka kembali halaman tersebut dari Favorites dengan mudah.
History                    : Menampilkan daftar website yang pernah kita kunjungi Mail Membaca atau mengirim Email
Print                            :  Mencetak halaman web ke printer.

2.      Mengatur konfigurasi Internet Explorer
1. Untuk mengatur konfigurasi, pilih menu View dalam menu bar Internet Explorer, kemudian pilih Options. Dalam form ini akan disediakan beberapa macam konfigurasi seperti sambungan internet (memakai telepon atau proxy), default web, dan seterusnya.
2. Pilihan Tab General digunakan untuk memberikan konfigurasi penampilan halaman web, misalnya menampilkan gambar, suara, video, background dan sebagainya. Dengan meng enable (mengijinkan dijalankan) atau men-disable, maka dapat digunakan untuk mengatur kecepatan akses internet.
3. Tab Connection digunakan untuk mengatur sambungan akses internet. Disini dapat dimilih sambungan mana yang dipakai. Jika menggunakan Dial-Up Telephone maka harus diberikan spesifikasi modem yang dipakai, hal ini secara otomatis akan dilakukan jika kita menekan tombol Add. Untuk Proxy digunakan untuk penerapan LAN atau intranet dan disini harus diatur setting port dan alamat IP (Internet Protokol) nya.
4. Tab Security adalah salah satu konfigurasi yang dapat digunakan untuk membatasi akses internet. Hal ini misalnya digunakan untuk menjaga anak didik untuk membuka sitesite yang terlarang. Hal ini diatur dalam bagian Content Advisor.
5. Untuk Tab Advance dan tab Program tidak banyak hal yang perlu dibahas.

3.       Membuka File Web
Untuk membuka file internet (web) ada banyak macam cara, antara lain :
1)      Melalui menu File, pilih Open dan ketikkan alamat file atau host beserta direktori (kalau ada) yang ingin dibuka.
2)       Tekan (klik) bagian kalimat atau gambar menandakan link (hubungan ke alamat web).
3)      Pilih dalam list alamat yang terdapat dalam histori untuk membuka alamat yang pernah dibuka. Alamat-alamat yang telah dibuka ini dapat diatur jangka waktunya di main menu View - Options.
4)      Dalam menu utama pilih Favorites dan pilih langsung nama web yang diinginkan. Favorites ini juga telah diletakkan dalam toolbar. Untuk mempercepat akses internet, sebaiknya dalam View Options show Picture, Audio dan Video atau audio video lebih baik di-disable untuk menghemat dan mempercepat akses web.

4.       Membuka Banyak Web Bersamaan
Untuk membuka halaman web baru tanpa menutup yang lama, atau menggunakan kedua-duanya maka tidak perlu menjalankan Internet Explorer dari Taskbar lagi, cukup dengan memilih New Window dalam menu utama File akan terbuka sebuah window baru dengan halaman yang sama. Ini adalah beberapa cara untuk membuka web secara bersamaan :

1)      Misalnya kita mencari suatu bab dalam Infoseek, dan telah ditemukan beberapa halaman web. Untuk membuka web tanpa menutup halaman Infoseek, maka kita cukup menyorot link (alamat web) dan dengan mengklik mouse kanan lalu dipilih Open in NewWindow. Dengan cara ini akan membuka Internet Explorer baru tanpa mengganggu web yang sudah terbuka;
2)      Untuk melihat proses antara beberapa web yang dibuka sekaligus cukup disorot bagian web yang tampak dalam status bar bawah, dan klik yang diinginkan.


E.     Pemanfaatan Electronic-Mail (E-Mail)
E-Mail adalah singkatan dari electronic mail yaitu surat menyurat didalam internet. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena Email merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan Email kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal (bila kita menggunakan line telepon atau ISDN). Email menggeser penggunaan telepon dan fax dimasa kini.
Konsep Email adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Email juga dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan.
Sebuah alamat surat (mail address) adalah gabungan dari nama dan alamat. Dalam Internet Mail hal ini didifinisikan dengan nama user dan alamat host. Biasanya bentuk dasar dari mail address adalah nama@hostaddress dimana nama adalah nama user yang memiliki alamat mail dan hostaddress adalah alamat host, server tempat mail disimpan. Setiap internet mail software akan selalu meminta datadata masukan sebelum mail dapat dikirimkan. Standar
pengiriman e-mail biasanya terdiri dari beberapa field sebagai berikut :

Tanda Header Deskripsi fungsi
To               :Daftar alamat e-mail yang akan And kirimi. Masing-masing lamat dapat dipisahkan dengan tanda “;” atau koma
“,”.
CC              :Daftar alamat e-mail yang digunakan untuk menyalin message yang Anda kirimkan, berfungsi untuk mengecek apakah sampai atau tidak. Biasanya adalah alamat mail kita sendiri.
Subject       : Gambaran global terhadap message yang Anda kirimkan. Gambaran ini yang akan ditampilkan di mail box penerima.
Body           :Adalah deskripsi lengkap dari surat yang kita kirimkan. Proses pengiriman ini tergantung dari software e-mail yang dipakai. Dalam dunia internet sudah banyak dipakai web-web server gratis untuk penempatan e-mail. Sebagai contoh adalah : Telkom : http://www.telkom.net Hotmail : http://www.hotmail.com Yahoo : http://mail.yahoo.com MailExcite : http://www.mailexcite.com MailCity : http://www.meilcity.com

1.       Membuat Email Dengan Yahoo
Agar kita bisa mengirim email ke orang lain, maka kita harus memiliki e-mail terlebih dahulu dalam internet. Jika belum memilikinya, kita harus membuat email dengan cara sebagai berikut.







1. Buka Internet
2. Pada Kotak Address ketik http://www.yahoo.com kemudian tekan tombol Enter

Gambar 5 : Petunjuk Memasukkan Alamat


3. Setelah kita Enter selanjutnya akan keluar tampilan di browser, tampak seperti Gambar 6


Gambar 6 :  Halaman Utama www.yahoo.com

Setelah halaman Yahoo tampak dilayar akan terdapat banyak sekali tulisan yang apabila kita pilih (klik) dengan tombol mouse akan membawa kita ke halaman tertentu selanjutnya. Untuk membuat email baru kita harus menuju halaman email Yahoo, klik menu yang menuju ke halaman Yahoo Mail.
Gambar 7 : Gambar Menu Menuju Halaman Yahoo Mail

Langkah ini dapat dipercepat dengan menuliskan http://mail.yahoo.com pada kotak address.
4. Setelah itu menuju halaman Yahoo Mail lihat Gambar 9 untuk mengikuti instruksi selanjutnya.
Gambar 8: Tampilan Utama Yahoo Mail

5. Kemudian kita klik Sign Me Up dan akan keluar halaman

Gambar 9 :  Menuju Halaman Pendaftaran








6. Kemudian kita mengisi kotak-kotak yang disediakan :

Gambar 10: Halaman Pendaftaran

Berikut adalah poin-poin yang harus diisi untuk registrasi :
Yahoo ID Ketik nama pendaftaran, misalnya nama anda.
Contoh : ronald, budi, santoso, dsb
Password Ketik password Anda, terserah Anda. Buat sehingga sulit untuk diketahui
orang lain.
Retype Password Ketik sekali lagi password Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar
password yang pertama sama dengan password yang kedua. Apabila Anda suatu saat nanti lupa password, maka Yahoo akan menanyakan dengan data-data yang Anda isi dibawah ini. Oleh karena itu isilah dengan benar.
Security Question Pilih salah satu jawaban yang anda sukai, misalnya anda dapat memilih:
What is your pet’s name?
Your Answer Ketik jawaban yang anda inginkan.
Birthday Pilih bulan lahir Anda, dan pada kotak sebelah kanannya ketik tanggal lahir Anda, dan sebelah kanannya lagi ketik tahun lahir Anda.
Firstname Ketik awal nama Anda.
Lastname Ketik akhir nama Anda.
Zip Code ketik kode pos dimana Anda tinggal.
Gender pilih Jenis Kelamin Anda
Occupation pilih pekerjaan Anda
Industry Pilih bentuk usaha Anda
Gambar 11 : Halaman Pendaftaran

Masukkan Kata Acak yang kedalam kotak, misalnya seperti
contoh diatas, hasten.

7. Klik Submit This Form
Setelah Tombol Submit This Form di Klik, Kita akan diteruskan ke halaman seperti Gambar 12

Gambar 12 : Halaman Persetujuan

Klik Tombol I Accept, yang menandakan Anda menyetujui semua peraturan yang diterapkan oleh Yahoo Mail.
8. Jika registrasi anda berhasil maka akan keluar gambar
seperti Gambar 14. Yahoo memberitahu nama ID dan nama email Anda, catatlah itu, siapa tahu Anda lupa kelak dikemudian hari.
Gambar13 : Halaman Informasi Yahoo ID Anda

Sampai langkah ini anda sudah memiliki email dengan nama nama_anda@yahoo.com, dengan nama_anda adalah id user yang telah anda daftarkan tadi.
9. Klik Continue to My Yahoo! untuk melanjutkan melihat Inbox Anda.

Gambar 14:  Halaman Informasi Inbox Yahoo Anda

10.Silakan klik Check Email atau Inbox(1). Perhatikan tulisan Inbox(1) tersebut :
- Jika tertulis Inbox(0), berarti tidak ada email yang Anda terima
- Jika tertulis Inbox(1), berarti ada 1 buah email yang Anda terima
- Jika tertulis Inbox(2), berarti ada 2 buah email yang Anda terima,
- Jika tertulis Inbox(3), berarti ada 3 buah email yang Anda terima dan seterusnya.
11.Klik Inbox(1) untuk melihat dari siapa gerangan email tersebut.
12.Maka akan didapati Inbox Anda seperti Gambar 16. Ternyata kita mendapat email dari Yahoo, Klik Yahoo yang terdapat dalam kolom Subject untuk membaca emailtersebut.

Gambar 15 :  Halaman Depan Yahoo Mail

Karena Anda sudah pernah mendaftarkan diri, maka kotak bisa Yahoo ID dan Password langsung diisi. Jika Anda tidak ingin mengetik password setiap kali membuka email Anda, beri tanda ok (v) pada kotak Remember my ID & Password. Maka password Anda tidak perlu lagi diketik setiap kali membuka email Anda. Setelah selesai Klik Sign In.
4. Kemudian keluar Gambar 16

Gambar 16:  Petunjuk Check Email


Dalam contoh ini kita belum menerima email baru, ada 0 email dalam mailbox kita. Kita tahu dari tulisan You have 0 unread messages. Jika You have 1 unread messages.Maka kita memiliki 1 email di Mailbox kita. Dan akan terlihat di Inbox(1). Jika You have 2 unread messages.Maka kita memiliki 2 email di Mailbox kita. Dan akan terlihat di Inbox(2) dan seterusnya. Jika ada email yang Anda terima, Anda bisa meng-klik Check Email atau Inbox(?). Jika Anda ingin masuk kedalam inbox (walaupun tak ada email yang Anda terima), Klik Check Email. Maka akan muncul seperti Gambar 17

Gambar 17:  Halaman Inbox

5. Jika Anda Menerima 1 buah email, Inbox(0) akan menjadi Inbox(1), dan jika Anda menerima 2 buah email sekaligus, Inbox(0) akan berubah menjadi Inbox(2) jika Anda menerima 3 buah email sekaligus, Inbox(0) akan berubah menjadi Inbox(3) dan seterusnya.
6. Lihat seperti Gambar 18

Gambar 18 : Tampilan Inbox Sudah Terima Email dan Petunjuk Baca Email Baru.
2.       Melihat dan Membalas Isi Suatu Email
Adapun cara melihat Isi Suatu email Anda adalah sebagai berikut
1. Buka Internet seperti biasa.
2. Pada kotak Address ketik : mail.yahoo.com kemudian [enter]
3. Maka akan didapatkan Seperti Gambar 18
4. Kemudian masukkan Yahoo ID dan Password, selanjutnya Klik Sign In.
5. Klik Inbox(1) atau Check Mail untuk masuk ke Inbox. Maka Anda akan dibawa masuk kedalam Inbox Anda. Lihat Gambar 19.  Nama pengirim akan dicantumkan pada kolom Sender. Lihat contoh pada Gambar diatas. Untuk membukanya, Klik tema surat yang terdapat dalam kolom Subject.
6. Kemudian Akan muncul halaman seperti Gambar 19

Gambar 19 Melihat Isi Email Baru

Apabila kita mendapatkan suatu email, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan terhadap email tersebut.
1. Balas Email ke Pengirim, kita lakukan dengan Klik tombol Reply.
2. Balas Email ke Semua Alamat yang disertakan dalam email tersebut selain email si pengirim. Klik Tombol Reply All.
3. Meneruskan Email ke Orang Lain. Kita Klik Tombol Forward.
4. Menghapus Email. Kita Klik Tombol Delete.
Tombol – tombol tersebut merupakan tombol yang secara umum
sering dipakai oleh pemakai Yahoo Mail.
Gambar 20 : Melihat Isi Email Baru Kita

3.       Mengirim Email dengan Yahoo
Adapun cara mengirim email Anda adalah sebagai berikut:
1. Buka Internet seperti biasa.
2. Pada kotak Address ketik : mail.yahoo.com kemudian [enter]
3. Maka akan didapatkan Seperti Gambar 21
4. Kemudian masukkan Yahoo ID dan Password, selanjutnya Klik Sign In.Kemudian Akan Tampil seperti Gambar 21
5. Klik Inbox(1) atau Check Mail untuk masuk ke Inbox.
Maka Anda akan dibawa masuk kedalam Inbox Anda.
Lihat Gambar 21 Nama pengirim akan dicantumkan pada kolom Sender. Lihat contoh pada Gambar diatas.
Untuk membukanya, Klik tema surat yang terdapat dalam kolom Subject.
6. Dan Akan terlihat Tampilan seperti Gambar Berikut.

Gambar 21 :  Tombol Compose Untuk Kirim Email

7. Klik Compose (Lihat Bantuan Pada Gambar 22). kemudian akan muncul Tampilan seperti Gambar 22

Gambar 22 :  Petunjuk Pengisian Pengiriman Email

To : ketik alamat email yang dituju
Subject : Ketik Tema Surat Anda,
Cc : Untuk mengirim email orang kedua, maka ketik alamat email orang ke-2 yang akan dikirim email di kotak Cc (Copy Carbon).
Bcc : Untuk mengirim email ke orang yang ketiga, maka kita ketik pada kotak Bcc (Blind Copy Carbon) Setelah semua selesai diisi, dan surat sudah selesai diketik, Klik Send untuk mengirimnya. Maka akan tampak Gambar 23 .
Gambar 23 :  Tampilan Setelah Email di Sent

Email Anda sudah terkirim dengan sukses kealamat tujuan, Jika tidak sukses, Yahoo akan memberitahu kesalahan. Ulangi kembali proses di atas jika masih ingin mengirim email
yang lain kepada orang lain. Atau Klik Sign Out untuk menutup Email Anda.

Gambar 24 :  Petunjuk Untuk Keluar Dari Email

 Kemudian Kita Akan Ditanyakan Pada 2 Pilihan :
Apakah dibuka langsung dari lokasi sekarang Open The File From Current Location
Apakah disimpan terlebih dahulu pada komputer pribadi Kita. Save The File To Disk.

4.       Menghapus Email
Apabila kita ingin menghapus email yang sudah kita baca, pertama kali kita harus memilih email-email yang akan kita hapus dengan cara memberi tanda Check pada kotak Check Box. Seperti tampak dalam gambar 25

Gambar 25 : Proses Penghapusan Email

5.       Mengubah Password Email di Yahoo
Untuk merubah password Yahoo Mail,

1.      Kita klik Tombol Mail Options,

Gambar 26 :  Tombol Mail Options

2.      Kemudian Klik Account Information.

Gambar 27 : Tombol Account Information

3. Klik Change Password
Gambar 28 : Tombol Change Password

3.      Masukkan Password lama Anda dan masukkan password baru anda dan ulangi masukkan password baru Anda sekali lagi.

Gambar 29 :  Proses perubahan Password

Setelah dimasukkan password lama dan password baru klik tombol Save. Setelah proses selesai maka password akan berubah dengan password yang baru.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar